Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kuliner Khas Lombok yang Memiliki Cita Rasa Sedap

 

kuliner khas lombok

Lombok, si tetangga Pulau Bali yang memesona, tak hanya menawarkan keindahan pantai dan gunung berapi yang menjulang. Lombok juga terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan dijamin membuat lidah Anda bergoyang.

Bagi para pencinta kuliner pedas, Lombok adalah surga. Namun, Lombok tak hanya menawarkan rasa pedas saja. Kuliner di sini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah, gurih, dan segar.

Nah, untuk menemani liburan Anda di Lombok, berikut beberapa kuliner wajib yang harus Anda coba:

1. Ayam Taliwang - Raja Kuliner Lombok

Bicara kuliner Lombok, pasti yang terlintas pertama adalah Ayam Taliwang. Hidangan ini terbuat dari ayam kampung yang dibumbui dengan rempah khas Lombok, lalu dibakar dengan arang hingga kulitnya berwarna kehitaman dan dagingnya empuk.

Yang membuat Ayam Taliwang spesial adalah sambalnya. Sambal Taliwang ini menggunakan terasi bakar dan cabai rawit yang pedasnya nendang. Bagi yang tak terlalu kuat pedas, bisa meminta sambal terpisah atau dikurangi.

Ayam Taliwang biasanya disajikan dengan plecing kangkung (kangkung segar dengan sambal terasi) dan lalapan seperti timun dan terong. Anda bisa dengan mudah menemukan Ayam Taliwang di berbagai pen角落 (juru - pojok) warung dan restoran di Lombok.

2. Sate Rembiga - Sate Sapi dengan Cita Rasa Manis Gurih

Selain Ayam Taliwang, Lombok juga punya Sate Rembiga. Sate ini terbuat dari daging sapi yang telah dimarinasi dengan bumbu khusus, sehingga dagingnya empuk dan memiliki cita rasa manis dan gurih.

Bumbu sate Rembiga ini menggunakan campuran keluak (sejenis buah mirip dengan manggis), kacang tanah, dan rempah-rempah lainnya. Sate Rembiga biasanya disajikan dengan kuah santan yang segar dan taburan bawang goreng.

Salah satu penjual Sate Rembiga legendaris di Lombok adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang sudah berjualan sejak tahun 1988.

3. Plecing Kangkung - Menu Segar Penyeimbang Pedas

Setelah memanjakan lidah dengan Ayam Taliwang dan Sate Rembiga yang pedas, saatnya mencoba Plecing Kangkung. Plecing Kangkung adalah kangkung segar yang direbus dan kemudian disiram dengan sambal terasi yang penuh dengan tomat segar.

Cita rasa dari plecing kangkung ini adalah pedas, manis, dan segar. Selain kangkung, plecing juga bisa ditemukan dengan bahan lainnya seperti bayam atau kacang panjang.

Plecing Kangkung ini biasanya menjadi menu pelengkap saat menyantap hidangan utama yang pedas. Dengan kesegarannya, plecing kangkung bisa membantu meredakan rasa pedas di mulut Anda.

4. Sate Bulayak - Sate Campur Khas Lombok

Kuliner wajib lainnya saat berlibur di Lombok adalah Sate Bulayak. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya. Sate Bulayak menggunakan usus sapi, daging sapi, dan lilit ( daging sapi cincang yang dibalut pada lidi ) yang kemudian dibakar.

Sate Bulayak disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan bercak (irisan timun) sebagai lalapan. Salah satu penjual Sate Bulayak legendaris adalah Sate Bulayak Suranadi yang sudah ada sejak tahun 1990.

5. Bebalung Kuda - Kuliner Unik untuk para Petualang Rasa

Bagi para petualang rasa, Lombok menawarkan kuliner unik yaitu Bebalung Kuda. Bebalung Kuda adalah perut kuda yang diisi dengan berbagai rempah dan kemudian dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang.

Kuliner ini biasanya dijumpai di daerah Sekotong, Lombok Barat. Bagi Anda yang berani mencoba, Bebalung Kuda konon memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal.

Post a Comment for "5 Kuliner Khas Lombok yang Memiliki Cita Rasa Sedap"